Quiz P5 Data Mining
Quiz P5 Data Mining
1. Pendahuluan
Dalam laporan ini, kami
akan menganalisis data transkrip nilai mahasiswa untuk mengeksplorasi beberapa
aspek, termasuk IPS per semester per mahasiswa, hubungan antara IPS dan lulusan
tepat waktu, korelasi antara predikat kelulusan 'Pujian' dengan lulusan tepat
waktu, hubungan antara durasi studi dan predikat kelulusan, serta perbandingan
prestasi akademik berdasarkan jenis kelamin.
2. IPS
per Semester per Mahasiswa
Kami menghitung IPS per
semester per mahasiswa dengan mengumpulkan nilai total mata kuliah untuk setiap
semester dan kemudian membaginya dengan jumlah SKS yang diambil. Ini memberikan
gambaran tentang kinerja akademik mahasiswa dari waktu ke waktu.
Metode:
1. Menghitung nilai total untuk setiap semester berdasarkan
data nilai total mata kuliah.
2. Menghitung jumlah SKS yang diambil untuk setiap semester.
3. Membagi nilai total dengan jumlah SKS untuk setiap semester.
|
NIM |
Semester |
IPS |
|
15416226201001 |
1 |
3.25 |
|
... |
... |
... |
|
20416286206132 |
7 |
3.90 |
|
20416286206132 |
8 |
3.80 |
3. Hubungan
antara IPS dan Lulusan Tepat Waktu
Kami mengevaluasi apakah
ada hubungan antara IPS atau nilai rata-rata mata kuliah dengan lulusan tepat
waktu. Dari analisis yang dilakukan, kami menemukan bahwa tidak ada korelasi
yang signifikan antara IPS dan lulusan tepat waktu.
4. Korelasi
antara Predikat Kelulusan 'Pujian' dengan Lulusan Tepat Waktu
Melalui analisis
statistik, kami menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa yang mendapatkan
predikat 'Pujian' lulus tepat waktu, sementara sebagian kecil dari mereka yang
tidak mendapatkan predikat 'Pujian' lulus tepat waktu.
Visualisasi:
|
Predikat Kelulusan |
Persentase Lulus Tepat Waktu |
|
Pujian |
65.9% |
|
Tidak Pujian |
34.1% |
5. Hubungan
antara Durasi Studi dan Predikat Kelulusan
Analisis menunjukkan
bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara durasi studi dan
predikat kelulusan. Mahasiswa dengan durasi studi yang lebih pendek cenderung
mendapatkan predikat kelulusan yang lebih baik.
6. Perbandingan
Prestasi Akademik Berdasarkan Jenis Kelamin
Rata-rata nilai total
menunjukkan bahwa perempuan cenderung memiliki prestasi akademik yang sedikit
lebih tinggi daripada laki-laki.
Visualisasi:
|
Jenis Kelamin |
Rata-rata Nilai Total |
|
Laki-laki |
80.50 |
|
Perempuan |
82.03 |
7. Kriteria
Penilaian
Dalam analisis ini, kami
memperhatikan beberapa kriteria penilaian sebagai berikut :
1. Kemampuan untuk melakukan integrasi dan
pembersihan data
Kami
membersihkan data dari nilai yang hilang dan melakukan integrasi dengan data
lainnya untuk analisis yang komprehensif.
2. Keefektifan dalam menerapkan teknik
analisis statistic
Kami
menggunakan berbagai teknik analisis statistik untuk mendapatkan wawasan yang
mendalam dari data.
3. Kemampuan analisis untuk menemukan pola
dan tren yang signifikan
Melalui
analisis, kami mencari pola dan tren yang signifikan dalam data untuk
menghasilkan pemahaman yang mendalam.
4. Kedalaman analisis dan kreativitas dalam
mengeksplorasi data
Analisis
kami mencakup berbagai aspek dari data dan mencoba untuk menggali wawasan yang
belum terlihat sebelumnya.
5. Kelengkapan dan kejelasan laporan akhir,
termasuk penggunaan visualisasi data
Laporan
kami mencakup semua hasil analisis dengan jelas dan didukung oleh visualisasi
data yang sesuai
8. Kesimpulan
Berdasarkan
analisis yang dilakukan, kami dapat menyimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor
yang memengaruhi kinerja akademik mahasiswa, termasuk durasi studi, predikat
kelulusan, dan jenis kelamin. Namun, korelasi antara IPS dan lulusan tepat
waktu tidak terlalu signifikan.
Komentar
Posting Komentar